Home » Penyakit Ruminansia » Trikomoniasis – Penyakit Yang Sering Menyerang Sapi

Trikomoniasis – Penyakit Yang Sering Menyerang Sapi

Situs-Peternakan.Com – Trikomoniasis/ Trichomoniasis merupakan penyakit pada ruminansia yang menyerang system reproduksi terutama ternak Sapi yang ditandai dengan penurunan kesuburan dan abortus dini (keguguran). Penyakit ini bersifat menular dan perlu diwaspadai oleh para peternak Sapi utamanya Sapi Potong baik jantan dan betina. Penularan terbesar terjadi pada kawin alam maupun dengan IB.
Trikomoniasis disebabkan oleh protozoa yang dinamakanTrichomonas fetus. Cirinya berbentuk kumparan (gelombang) dan panjang. Mempunyai 3 flagella anterior dan flagellum posterior. Gerakannya tidak beraturan dan menyukai tempat yang selalu basah (tidak kering). Berkembang biaknya dengan cara membelah diri.
Gejala Umum Sapi Yang Terkena Trikomoniasis 
  • Calving interval yang lama
  • Betina sulit hamil (kemajiran)
  • Pembengkakan vulva disertai keluarnya cairan mukopurulen
  • Peradangan mukosa vagina
  • Abortus (keguguran) apabila sudah pada fase kronis
Pengobatan dan Pencegahan
Jika diketahui gejala seperti diatas pada ternak sapi terutama sapi betina segera dilakukan karantina dan diberi obat antibiotic intra uterin . Pada pejantan pengobatan diberi bovoflavin atau metronidazole dan pemberian estrogen atau prostaglandin. Pada pejantan pengobatannya membutuhkan waktu yang lama. Jika sudah kronis tak jarang pengobatan akan sia-sia untuk itu disarankan dipotong.

Untuk pencegahan dapat dilakukan dengan jalan menghentikan perkawinan dengan cara kawin alami, sebagai gantinya lakukan dengan IB. Sebab IB dihasilkan dari pejantan-pejantan unggul dan sehat. Sehingga meningkatkan angka kebuntingan.  Baca juga Bovine Viral Diarrhea (BVD)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.