Home » Penyakit Unggas » Tentang Penyakit Avian Influenza Pada Unggas

Tentang Penyakit Avian Influenza Pada Unggas

Situs-Peternakan.Com – Penyakit Avian Influenza atau disingkat AI merupakan penyakit yang menyerang unggas seperti Ayam, Kalkun, Burung, Itik. Namun cenderung menyerang Ayam baik itu pedaging dan petelur. Semua umur ayam maupun itik dapat terserang penyakit ini. angka kematiannya dapat mencapai 100 %.
Penyakit Flu Burung tergolong menular dan penularannya sendiri tidak hanya terjadi antar unggas, namun dapat menular ke manusia dimana terdapat 99 kasus yang tertular virus AI yang menyebabkan kematian hingga 79 orang seperti dilansir dari situs Wikipedia.
Penyebab Penyakit Flu Burung (Avian Influenza)
Penyebab munculnya penyakit flu burung akibat infeksi virus influenza yang tergolong dalam family orthomyxoviridae. Virus ini memiliki 3 tipe antigenic yang berbeda,yaitu tipe A, B, dan C. Tipe A lebih sering disebut virus H5N1 yang banyak menyerang pada unggas, babi, kuda, manusia, dan mamalia lainnya. Virus ini dapat mati dalam suhu tinggi, namun dapat bertahan hidup pada suhu dingin.
Penularan virus H5N1 terjadi melalui udara maupun kontak melalui makanan dan minuman, serta sentuhan. Di Asia Tenggara kasus flu burung terjadi pada jalur transportasi peternakan unggas. Selain itu dilingkungan peternakan akibat kepadatan ternak pada satu wilayah, Manajemen peternakan, biosecurity, vaksinasi AI, dan penanganan kotoran dan limbah.
Gejala atau Tanda-Tanda Flu Burung Pada Unggas

Gejala akibat flu burung tergantung pada jenis atau spesies unggas yang terinfeksi. Menurut pada ahli ada 2 bentuk klinis flu burung pada unggas, yaitu gejala yang sulit dibedakan dengan penyakit ND yang dapat menimbulkan kematian tinggi dan gejala yang menimbulkan kematian yang rendah.
Gejala penyebab kematian tinggi dilihat tampilan fisiknya ayam lesu, seluruh bagian tubuh seperti jengger ,pial, kaki, dada berubah menjadi warna kebiruan pucat. Selain itu bulu terlihat acak-acakan atau kusam. Lebih lanjut mengganggu sistem pencernaan, produksi, dan saraf.
Gejala penyebab kematian rendah dilihat tampilan fisiknya ayam terlihat depresi sehingga tidak nafsu makan menurun yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan produksi telur. Selain itu terlihat ayam kesulitan dalam bernapas.
Pengendalian dan pencegahan
Agar tercegah dari wabah penyakit flu burung / avian influenza perlu dilakukan usaha pencegahan dengan cara pemberian vaksin AI terhadap anak ayam dan unggas lain sebelum masuk kandang supaya dapat mengurangi pencemaran virus di lokasi peternakan (penyakit sekunder). Selain itu perbaiki sanitasi kandang agar selalu bersih. Jika ditemui ayam atau unggas yang mati mendadak segera dilakukan pemusnahan dengan cara dibakar. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.