Home » Ayam » Tentang Ayam Kampung Asli Indonesia

Tentang Ayam Kampung Asli Indonesia

Situs-Peternakan.Com – Mengutip dari situs resmi Wikipedia Ayam Kampung (Gallus Domesticus) adalah bangsa ayam yang asal usulnya bukan berasal dari galur atau ras yang dihasilkan untuk kepentingan komersial. Persebaran ayam kampung terdapat diseluruh wilayah di Indonesia khususnya di Pedesaan. Ayam kampung termasuk salah satu jenis ayam buras dan sering dipanggil dengan sebutan ayam sayur. Namun sering juga disebut ayam buras karena sudah melekatnya dalam kehidupan masyarakat.

Asal usul ayam kampung atau ayam buras berasal dari hasil domestikasi jenis ayam hutan. Hingga saat ini ayam kampung masih terjaga mutu genetisnya atau keasliannya. Ayam kampung banyak diternakan oleh masyarakat terutama di pedesaan guna dimanfaatkan daging dan telurnya untuk dikonsumsi sendiri atau dijual dengan skala kecil. Pemeliharaannya masih secara tradisional. Ayam kampung lebih banyak diberi makanan sisa dan selebihnya ayam dibiarkan bebas untuk mencari makan sendiri. 

Ayam kampung sebagai ayam asli Indonesia sangat berpotensi sebagai salah satu sumber protein hewani yang dibutuhkan oleh manusia selain ayam broiler pada umumnya. Masyarakat sudah mengakui tentang ciri khas ayam kampung, yaitu pada rasa daging yang enak dan memiliki kadar lemak yang sedikit dibanding ayam broiler. Saat ini mulai banyak bermunculan para peternak atau pembudidaya ayam kampung yang mulai membudidayakannya dengan cara intensif dan bisa meningkatkan perekonomian dan pemenuhan gizi masyarakat. Harapannya ayam kampung sebagai ayam asli Indonesia dapat terjaga populasinya.

Gambar By Ternakayamkampung.com 
Ciri-Ciri Ayam Kampung Adalah : 
  • Warna bulu kombinasi coklat, hitam, putih, merah 
  • Tubuh relatif kecil dan jantan lebih besar dari betina
  • Jengger dan Pial berwarna merah 
  • Paruh dan Kaki berwarna kekuningan 
  • Telur berwarna putih 
  • Menghasilkan telur 5 -10 per periode 
  • Berat telur sekitar 60 gram per butir Bobot dewasa
  • Bobot dewasa baik jantan dan betina berkisar 1,5 – 1,9 Kg
Demikian pembahasan tentang ayam kampung aslin Indonesia semoga dapat bermanfaat. Baca juga tentang ayam dan ciri-cirinya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.