Home » Ayam » Tentang Ayam Buras Asli Indonesia dan Jenis-Jenisnya

Tentang Ayam Buras Asli Indonesia dan Jenis-Jenisnya

Situs-Peternakan.Com – Di Indonesia dikenal dengan istilah ayam ras dan buras (bukan ras). Ayam ras sering dikaitkan dengan ayam impor guna keperluan daging dan telurnya. Sedangkan Ayam buras atau ayam bukan ras merupakan ayam lokal yang banyak sekali tersebar diseluruh pelosok di Indonesia dan banyak sekali jenisnya. Istilah ayam ras dan ayam buras sebenarnya diperuntukkan guna membedakan mana ayam lokal dan ayam impor. Karena ayam impor telah masuk ke Indonesia sejak zaman kolonial Belanda. Namun seringnya masyarakat Indonesia menyebut ayam buras dengan sebutan ayam kampung. Padahal sebenarnya ayam buras dalam pengertiannya tidaklah sama dengan ayam kampung. Baca juga jenis-jenis ayam berdasarkan wilayahnya di dunia

Sumber Gambar Google Images

Asal usul ayam buras sendiri berasal ayam liar yang telah didomestikasi yaitu Gallus Varius (ayam hutan hijau), Gallus gallus (ayam hutan merah), Gallus lavayetti (ayam hutan jingga Ceylon. Setelah sekian lama dan mengalami perkembangan zaman munculah berbagai macam jenis atau bangsa ayam buras yang memiliki karakteristik dan ciri khas yang seperti kita kenal saat ini. Keunggulan ayam buras adalah memiliki daya adaptasi yang cepat dilingkungan baru. Namun kelemahannya adalah tingkat pertumbuhan dan perkembangannya sangat lambat. Angka mortalitas (kematian) anak ayam yang sangat tinggi. Dikarenakan Indukan terlalu lama mengasuh anak ayam sehingga kemungkinan anak ayam menjadi sasaran predator sangat besar sekali. 
Berdasarkan tipenya ayam buras tidak mengenal tipe pedaging dan tipe petelur. Karena ayam buras tidak diseleksi sebagai ayam pedaging maupun petelur seperti kebanyakan ayam ras. Sehingga ayam buras lebih diorientasikan sebagai ayam hias yang menjurus pada keindahan bulu dan suaranya, bahkan sampai dijadikan sebagai ayam aduan. Namun demikian, saat ini mulai dikembangkan (dimurnikan) yang menyebabkan ayam buras memiliki beberapa jenis dan memiliki penamaan atau sebutan sendiri-sendiri tiap jenis ayam yang didasari atas daerah pengembangannya dan mulai dibudidayakan guna diambil daging maupun telurnya. 
Jenis atau Bangsa Ayam Buras Asli Indonesia :
  1. Ayam Kampung 
  2. Ayam Kedu 
  3. Ayam Nunukan 
  4. Ayam Pelung 
  5. Ayam Sumatera 
  6. Ayam Bekisar 
  7. Ayam Katai/Kate 
  8. Ayam Gaok 
  9. Ayam Belengek 
  10. Ayam Gaga 
  11. Ayam Tolaki 
  12. Ayam Kalosi 
  13. Ayam Ketawa 
  14. Ayam Tukong 
  15. Ayam Wareng 
  16. Ayam Jantur 
  17. Ayam Walik
  18. Ayam Sentul
  19. Ayam Arab 
  20. Ayam Ayunai 
Dari daftar jenis ayam buras di Indonesia di atas sebagian ada yang terancam punah bahkan sudah punah. Pada postingan selanjutnya akan dibahas beberapa saja. Jadi sering-seringlah berkunjung ke Situs-Peternakan.Com. Jika Anda ingin langsung mengetahui update terbaru via Email silahkan Anda berlangganan artikel dengan memasukkan Alamat Email Anda gratis. 

    Leave a comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.