Home » Penyakit Ruminansia » Penyakit Radang Paru-Paru (Pneumonia) Pada Sapi

Penyakit Radang Paru-Paru (Pneumonia) Pada Sapi

Situs-Peternakan.ComPenyakit Radang Paru-Paru (Pneumonia) merupakan penyakit yang menyerang paru-paru pada bagian parenkhim, sehingga menyebabkan gangguan pada fungsi sistem pernapasan. Penyakit ini menyerang hampir setiap hewan yang kadang banyak ditemukan bersamaan dengan radang bronchus hingga terjadi bronchopneumonia.
Pada ternak sapi penyakit ini sering sekali menyerang atau menginfeksi sapi. Penyebabnya bisa dari virus, bakteri ataupun kombinasi dari keduanya. Penyakit pneumonia yang disebabkan oleh bakteri biasanya akibat virus pasteurella multocida, Stretococcus sp, Mycobacterium tuberculosa. Yang disebabkan oleh virus biasanya bersifat akut.
Penyebab munculnya penyakit radang paru-paru biasanya diakibatkan oleh banyak faktor seperti pemeliharaan yang kurang memperhatikan lingkungan kandang mulai dari kebersihan kandang, kandang yang kurang ventilasinya sehingga menyebabkan kandang lembab. Kepadatan ternak atau penempatan ternak dalam satu kandang dengan berbagai umur, kebersihan makanan dan minuman.
Gejala Umum Penyakit Pneumonia / Radang Paru-Paru Pada Ternak Sapi :
  • Terlihat kesulitan dalam bernafas
  • Nafas pendek dan cepat (terengah-engah)
  • Batuk
  • Keluar cairan seperti ingus pada hidung
  • Demam dengan suhu 42 derajat celcius
  • Tidak banyak bergerak, terlihat lesu dan sering berbaring dilantai
  • Terlihat gelisah
  • Nafsu makan dan minum berkurang
Pencegahan dan Pengobatan
Pencegahan yang dapat dilakukan dengan melakukan sanitasi kandang yang benar, pengawasan yang ketat terhadap sapi yang sehat. Pisahkan sapi yang sakit pada kandang karantina. Segera berikan vaksin antibiotic untuk memutus siklus pertumbuhan penyebab pneumonia seperti vaksin Ca boroglukonat dan vitamin C, sulfonamid


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.