Home » Penyakit Unggas » Penyakit Pada Unggas – Kolibasilosis

Penyakit Pada Unggas – Kolibasilosis

Situs-Peternakan.Com Penyakit Kolibasilosis pada unggas merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Escherichia Coli. Bakteri ini memiliki sifat oportunis, yakni penyakit akan menyerang secara bersama-sama dengan penyakit lain apabila unggas memiliki daya tahan tubuh menurun atau kekebalan tubuh menurun. Penyakit tersebut seperti penyakit SHS, Penyakit Tetelo. Tingkat kematian penyakit ini berkisar 10-15 %, namun jika penyakitnya terlanjur parah dapat mencapai 100%.
Penyakit ini selalu muncul hampir tiap periode pemeliharaan. Tidak seperti beberapa penyakit lain yang menyerang unggas disaat musim penghujan dan kemarau. Penyakit ini tidak mengenal musim. Umumnya penyakit ini akan muncul berkaitan dengan lokasi dan lingkungan peternakan terutama masalah kebersihan. Namun penyakit ini dapat juga muncul dari penetasan telur yang telah terkontaminasi. Akibatnya anakan unggas khususnya ayam memiliki tingkat kematian yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan pertumbuhan bakteri E. Coli yang berkembang pesat.
Gejala atau Tanda-Tanda  Kolibasilosis Adalah :
  • Nafsu makan menurun
  • Lebih banyak diam dan tidak bergerak serta murung
  • Terjadi pembengkakan pada muka (Beberapa unggas)
  • Pertumbuhan tergganggu pada anakkan, sedangkan pada unggas dewasa menurunkan produktivitas
  • Bulu terlihat acak-acakan
  • Kotoran terlihat encer dan berwarna hijau serta menempel disekitar pantat

Pencegahan dan Pengendalian
Pencegahan dan pengendalian serangan bakteri E. Coli dapat dilakukan dengan memperbaiki biosecurity seperti memperbaiki sirkulasi udara (ventilasi) pada kandang agar tercipta udara yang sehat dan bersih.  Ketersediaan air yang bersih sejak DOC masuk kandang dan hingga panen. Menjaga kebersihan dan kualitas pakan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.