Home » Penyakit Ruminansia » Penyakit Mastitis Pada Ternak Ruminansia

Penyakit Mastitis Pada Ternak Ruminansia

Situs-Petenakan.Com Penyakit Mastitis atau penyakit Radang ambing merupakan penyakit yang menyerang ambing susu yang menyebabkan dampak produksi susu berkurang dan kualitas susu yang jelek. Penyakit ini lebih sering terjadi pada peternakan sapi perah. Penyebabnya adalah bakteri staphylococci dan Streptococci
Susu sebagai  media tempat yang baik bagi bakteri untuk tumbuh dan berkembang. Bakteri akan menginfeksi sistem perambingan melalui lubang puting (sphincter puting). Lubang puting ini sifatnya dapat menahan kuman jahat, namun tidak sepenuhnya. Oleh karenanya pencemaran pada susu sudah terjadi sejak proses pemerahan mulai dari peralatan pemerahan yang kurang bersih sampai yang memerah kurang memperhatikan faktor kebersihan dan cara pemerahan yang baik dan benar.  
  
Gejala atau Tanda-Tanda Penyakit Mastitis Pada Ternak Ruminansia Adalah :
  • Terlihat pembengkakan pada ambing dan putting
  • Kesakitan jika diraba (diperah)
  • Warna susu menjadi merah (sifatnya akut / kronis
Pengobatan dan Pencegahan
Ada baiknya sebelum melakukan pengobatan dilakukan uji susu menggunakan cwan hitam atau alat CMT (California Mastitis Test) atau strip cup. Setelah ditemukan gejala mastitis langkah selanjutnya pengobatan dengan cara lakukan pemerahan pada ternak sapi untuk mengeluarkan susu yang telah bercampur dengan darah. Setelah itu dibersihkan dan selanjutnya disinfeksi putting dengan alcohol dan antibiotic yang dapat mengatasi mastitis.
Pencegahan mastitis setiap kali akan melakukan pemerahan pastikan peralatan dan kebersihan kandang telah bersih. Khusus untuk lap yang digunakan untuk membersihkan ambing dan putting harus berbeda tiap sapi dan pastikan lap harus dicuci dan didesinfektan sebelum digunakan. Setelah pemerahan putting dibersihkan dan diberi antiseptika guna mencegah infeksi  bakteri penyebab mastitis dengan cara pencelupan atau diping puting.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.