Home » Penyakit Unggas » Penyakit Malaria Pada Ayam (Plasmodium gallinaceum)

Penyakit Malaria Pada Ayam (Plasmodium gallinaceum)

Situs-Peternakan.Com Penyakit Malaria tidak hanya terjadi pada manusia, tapi juga bisa menyerang unggas khususnya ayam. Penyakit ini akibat dari infeksi parasit yang dinamakan Plasmodium gallinaceum yang merupakan parasit yang menyerang sel-sel darah merah yang dapat menyebabkan penyakit malaria pada ayam.
Penyakit ini dapat menimbulkan angka kematian (mortalitas) cukup tinggi terutama pada anak ayam. Sedangkan pada ayam dewasa angka kematian tidak begitu signifikan, namun efek yang ditimbulkan dari penyakit ini atau dengan kata lain dapat menurunkan produktivitas ayam seperti produksi telur dan daging.
Penyebaran penyakit malaria adalah dari gigitan nyamuk. Penyebabnya karena beberapa faktor seperti lingkungan yang kurang pencahayaan mataharia yang menjadikan lingkungan kandang menjadi lembab yang dapat menjadikan nyamuk tumbuh sumbuh.
Gejala atau Tanda-Tanda Penyakit Malaria Pada Ayam Adalah :
  • Nafsu makan menurun
  • Sesak nafas
  • Bulu terlihat kusam
  • Sering membuang kotoran (diare)
  • Ayam tidak banyak bergerak, lebih sering merikuk dan bergerombol
  • Jika parah bagian wajah dan jengger berubah warna menjadi kelabu dan akan mati
  • Terlihat gejala anaemia,
Pengendalian dan Pencegahan
Ayam yang telah terinfeksi plasmodium gallinaceum harus segera dipisahkan dengan ayam lainnya. Dan segera diupayakan penyembuhan dengan pemberian obat anti malaria dengan dosis sesuai petunjuk dalam kemasan.
Karena penyakit ini diakibatkan oleh gigitan nyamuk usaha pencegahan yang dilakukan adalah dengan membasmi nyamuk tersebut dengan cara melakukan penyemprotan kandang secara berkala menggunakan insektisida. Selain itu menjaga kebersihan kandang (sanitasi). 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.