Home » Penyakit Ruminansia » Penyakit Leptospirosis Pada Sapi – Penyakit Yang Perlu di Waspadai Saat Musim Penghujan

Penyakit Leptospirosis Pada Sapi – Penyakit Yang Perlu di Waspadai Saat Musim Penghujan

Situs-Peternakan.Com – Penyakit Leptospirosis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri leptospira interrogans family leptospiraceae. Penyakit ini umumnya dapat menyerang semua hewan ternak ruminansia terutama sapi. Namun juga dapat menyerang manusia atau bersifat zoonosis, umumnya penularan akibat kontak langsung dengan ternak seperti kotoran hewan yang telah terinfeksi bakteri yang dapat mengakibatkan gejala akut hingga menyebabkan kematian.
Bakteri Leptospira mampu bertahan bertahan hidup di dalam air tawar selama kurang lebih satu bulan yang kondisinya lembab  dan bersuhu hangat. Biasanya kondisi ini dialami pada daerah yang memiliki iklim tropis. Saat memasuki musim penghujan maka kejadian leptospirosis akan meningkat. Oleh sebab itu bakteri ini umumnya  akan menginfeksi hewan dan manusia akibat kondisi lingkungan yang telah terkontaminasi bakteri. Biasanya akibat kontaminasi urin tikus yang telah terinfeksi bakteri leptospirosis.
Gejala Pada  Sapi Akibat Leptospirosis
  • Demam
  • Terlihat menggigil
  • Terlihat lesu
  • Sering muntah
  • Warna urin kadang berwarna merah dan kuning
  • Penurunan produksi susu
  • Abortus pada sapi bunting
  • Kematian terhadap pedet

Pengobatan dan Pengendalian

Sebenarnya penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya terutama pada sapi dewasa, namun pada sapi muda biasanya akan menyebabkan kematian. Untuk itu perlu dilakukan pengobatan guna memutus siklus penularan bakteri leptospira dengan pemberian antibiotik yang berfungsi untuk mengurangi infeksi persistensi. Antibiotik ini termasuk streptomycin, chlortetracycline, dan oxytetraxycline. 
Usaha pencegahan yang dapat dilakukan pemberian vaksinasi terhadap sapi yang sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Vaksinasi dapat dilakukan beberapa tahap mulai dari enam bulan sekali atau satu tahun sekali. Usaha lainnya adalah lakukan sanitasi yang ketat terhadap kandang dan peralatan makan dan minuman. Melakukan pembasmian terhadap sumber bakteri leptospira yaitu tikus.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.