Home » Penyakit Ruminansia » Penyakit Enzootic Bovine Leucosis (EBL)

Penyakit Enzootic Bovine Leucosis (EBL)

Situs-Peternakan.Com –  Penyakit EBL (Enzootic Bovine Leucosis) adalah penyakit menular yang banyak menyerang ternak sapi khususnya sapi perah yang disebabkan oleh Retrovirus family Retroviridae. Penyakit ini lebih menyerang sapi yang masih muda, ketimbang sapi dewasa. Dan mortalitasnya cukup rendah, tapi mordibitasnya cukup besar khususnya pada sapi muda.
Penularan penyakit ini dapat disebabkan oleh vector seperti tabids dan lalat. Selain itu dapat pula terjadi melalui plasenta yang terluka sehingga menginfeksi janin. Kontak dengan darah yang telah terinfeksi.
Gejala Umum Pada Sapi Yang Terkena EBL
  • Nafsu makan menurun
  • Gangguan alat pencernaan
  • Penurunan berat badan secara drastic
  • Terjadi pembesaran limfoglandula sehingga kesulitan dalamm menelan makanan
  • Nyeri pada tulang dan terjadi kepincangan pada sapi muda
  • Tumbuhnya tumor pada permukaan kulit
Pengobatan dan Pencegahan
Karena disebabkan oleh virus penyakit ini belum ada obatnya. Untuk mencegah penularan ternak sapi yang sakit harus dikarantinakan. Dan pemeriksaan lebih lanjut dilakukan uji serologik yaitu dengan pengambilan sampel darah yang kemudian dikirim ke Balai Besar Veteriner terdekat untuk dilakukan pemeriksaan Enzootic Bovine Leucosis (EBL).
Untuk pencegahan penyebaran penyakit yaitu dilakukan pemusnahan dengan cara sapi dipotong terlebih dahulu kemudian anggota badan hewan terutama sapi perah penghasil susu tersebut dipotong-potong lalu dimusnahkan dengan cara dibakar. Selain itu lakukan karantina yang ketat terutama sapi-sapi impor dan jangan melakukan impor sapi dari negera yang tertular EBL.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.