Home » Penyakit Unggas » Penyakit Cacing Pada Ayam Tidak Mematikan

Penyakit Cacing Pada Ayam Tidak Mematikan

Situs-Peternakan.Com – Tidak seperti penyakit Tetelo dan penyakit Gumboro yang dapat mengakibatkan angka kematian pada ayam cukup tinggi. Penyakit Cacing pada ayam tergolong penyakit yang jarang sekali menimbulkan kematian.
Timbulnya penyakit ini diakibatkan oleh parasit, yaitu cacing (helminthiasis) yang penyebarannya terjadi pada pakan yang telah tercemar, manajemen kandang yang kurang baik.
Gejala penyakit cacing pada ayam kurang begitu jelas. Sehingga kurang mendapatkan perhatian oleh peternak karena ayam yang ternyata sudah terkena cacingan tidak menunjukkan gejala yang spesifik. Namun yang pasti kecenderung ayam akan terlihat kurus karena nafsu makan menurun dan pada ayam petelur akan terlihat produksi telur yang menurun. 
Secara umum ada 3 jenis golongan cacing, yaitu nematoda, trematoda, dan cestoda. Ke tiga cacing tersebut menyerang  pada bagian ayam berbeda-beda. Namun yang sering menyerang adalah nematoda dan cestoda.

Penanggulangan yang dapat dilakukan peternak apabila ayamnya terkena cacingan yaitu dengan cara diberi vaksinasi secara teratur mulai umur 3 minggu. Dalam keadaan tertentu dapat dilakukan vaksinasi 2 kali pada usia 3-5 minggu. Apabila sudah terkena dapat ditanggulangi dengan menggunakan preparat sulfa dan anti cacing atau menggunakan obat tradional. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.