Home » Penyakit Ruminansia » Penyakit Bovine Genital Campylobacteriosis (BGC) atau Vibriosis

Penyakit Bovine Genital Campylobacteriosis (BGC) atau Vibriosis

Situs-Peternakan.Com – Penyakit Bovine Genital Campylobacteriosis atau Vibriosis merupakan penyakit yang menyerang kelamin pada sapi terutama betina yang disebabkan oleh  bakteri Campylobacter foetus. Bakteri ini menyerang system reproduksi pada sapi terutama pada betina yang menyebabkan kematian embrio, infertilitas, calving interval yang lama, dan kadang terjadi aborsi. Sedangkan pada pejantan yang rentan terkena Vibriosis adalah pejantan yang berumur di atas 3 tahun dimana infeksinya bersifat permanen.
Bakteri Campylobacter foetus merupakan bakteri gram negative berbentuk melengkung atau spiral. Bakteri ini dapat dibedakan menjadi 3 subspecies yaitu C. fetus, C. fetus intestinalis, dan C fetus jejuni.  Namun C. fetus yang sering ditemukan yang menyebabkan aborsi pada sapi. Campylobacter spp  ini tidak dapat bertahan hidup oleh sinar matahari dan desinfektan.Dalam perkembangannya C.fetus Subsp memunculkan nama baru yaitu subspecies veneralis yang merupakan bakteri gram negative yang bersifat patogenik yang menyebabkan vibriosis pada sapi.
Penyakit ini ditularkan melalui perkawinan alami antara hewan telah terinfeksi dengan hewan yang sehat. Selain itu dapat ditularkan melalui Inseminasi Buatan (IB) dengan semen pejantan yang telah terkontaminasi.  
Gejala Umum Sapi Yang Terkena Penyakit Vibriosis :
  • Calving interval yang lama (siklus estrus tidak teratur)
  • Tingkat kehamilan yang rendah
  • Aborsi (kematian dini pada janin)biasanya diusia kebutingan muda

Pengobatan dan Pencegahan
Pengobatan dapat diberikan pada sapi yang terinfeksi dengan antibiotika seperti streptomisin dan penstrep pada system reproduksi baik jantan dan betina. .Pemberian dilakukan sebanyak satu kali setelah didiagnosis. Pengobatan dilakukan kembali sebelum masuk musim kawin. Untuk pencegahan dapat dilakukan vaksinasi terhadap sapi yang sehat. Jika melalui perkawinan melalui IB semen harus benar-benar bersih dan terbebas dari penyakit vampylobacteriosis. Baca juga Penyakit Leptospirosis Pada Sapi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.