Home » Penyakit Unggas » Penyakit Berak Darah Pada Unggas (Coccidiosis)

Penyakit Berak Darah Pada Unggas (Coccidiosis)

Situs-Peternakan.ComPenyakit Berak Darah Pada Unggas (Coccidiosis) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh protozoa yang dinamakan Eimeria sp family Eimeriidae. Penyakit ini menyerang sistem pencernaan terutama pada usus halus dan usus buntu. Penyakit ini dapat menimbulkan angka kematian yang cukup tinggi bahkan dapat menimbulkan kematian mendadak sekitar 20% hanya dalam kurun waktu 2-3 hari.
Penyakit ini hampir menyerang semua umur unggas terutama anakan yang berusia di atas 3 minggu. Gejala utama pada unggas khususnya ayam adalah pada kotorannya berwarna merah seperti darah. Hal ini disebabkan karena parasit hidup dan berkembang di dalam usus halus yang menyebabkan luka, pendarahan dan kerusakan jaringan.

Penularan penyakit ini sering terjadi akibat kurangnya kebersihan dalam kandang terutama letter pada kandang ayam, minuman dan makanan yang telah terkontaminasi, serta peralatan kandang yang kurang bersih, carrier dari binatang lain yang membawa bibit penyakit.
Gejala Penyakit Berak Darah Pada Unggas (Coccidiosis) :
  • Terlihat lesu, pucat
  • Sering tidur tidak banyak bergerak
  • Nafsu makan menurun dan lebih banyak minum.
  • Feses atau kotoran berwarna merah seperti darah
  • Bulu terlihat kusam dan acak-acakan
  • Sayap terkulai lemas.
  • Bulu sekitar anus kotor
  • Sering bergerombol karena kedinginan

Pengobatan dan Pencegahan

Pengobatan dapat dilakukan dengan vaksinasi yang mengandung preparat sulpha (sulfadiazine atau sulfaquinoxzaline) yang diberikan melalui air minum. Pencegahan dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan kandang terutama letter, peralatan makan dan minum, cegah binatang lain masuk ke arena peternakan, serta pisahkan unggas yang sakit dengan unggas yang sehat. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.