Home » Penyakit Ruminansia » Penyakit Anthrax – Penyakit Ganas Yang Dapat Menular ke Manusia

Penyakit Anthrax – Penyakit Ganas Yang Dapat Menular ke Manusia

Situs-Peternakan.ComPenyakit Anthrax merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis dalam bentuk yang paling ganas yang dapat membentuk spora yang sangat tahan didalam tanah hingga puluhan tahun.  Penyakit ini pada umumnya dapat menyerang semua hewan berdarah panas. Namun yang paling rentan adalah hewan pemakan tumbuhan seperti kerbau, sapi, kuda, kambing, dan domba. Namun ternyata penyakit ini juga bisa menular ke manusia yang menimbulkan gejala pada pencernaan, pada kulit. Biasanya timbul setelah mengonsumsi daging yang terna antraks.
Penyakit Anthrax menjadi penyakit yang paling ditakuti karena sifatnya yang mematikan dan juga perlu biaya yang tinggi untuk mengobatinya. Selain itu akan berdampak pada terganggunya perdagangan hasil ternak karena banyak yang enggan untuk membeli. Sebagai contoh seperti dilansir dari situr tribunews baru-baru ini merilis bahwa Jawa Tengah termasuk wilayah endimik penyakit antraks sehingga dibeberapa daerah seperti Ngawi, Jawa Timur melarang masuknya hewan ternak ruminansia khususnya sapi dan kambing dari Jawa Tengah.
Penularan anthrax utamanya disebabkan oleh kondisi lingkungan peternakan yang dapat mempengaruhi hidup ternak dan faktor pemeliharaan. Bakteri Bacillus anthracis (penyebab penyakit anthrax) dapat bertahan dilinkungan dengan kondisi basa.
Gejala atau Tanda-Tanda Penyakit Anthrax Adalah :
  • Deman yang tinggi
  • Terlihat gelisah dengan cara berputar-putar
  • Pernapasan terlihat berat dan cepat
  • Kotoran (feses) dan urin bercampur darah
  • Keluar cairan seperti darah pada mulut anus, hidung, dan vulva
  • Pada kasus tertentu hingga akut dapat menyebabkan kematian mendadak

Pengobatan dan Pencegahan
Segera ternak ruminansia yang terkena anthrax segera dipisahkan ternak yang sehat. Lalu segera lakukan pengobatan dengan cara pemberian dengan cara di vaksin dan diberi antibiotic untuk memutus siklus penyebab penyakit anthrax. Namun jika ternak sudah terlanjur akut jangan dipotong sebab penyakit ini sifatnya dapat menular ke manusia. Jika ternak mati segera dibakar.
Pencegahan dapat dilakukan dengan cara pembersihan kandang secara berkala, pembersihan peralatan kandang, menjaga kebersihan makanan dan minuman. Lebih lanjut lakukan penyemprotan terhadap kandang dengan deinfektan terutama pada permukaan kandang yang menjadi hidup bakteri penyebab anthrax.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.