Home » Pakan » Pemberian Suplemen Sebagai Usaha Mengatasi Defisiensi Nutrien Pada Ternak

Pemberian Suplemen Sebagai Usaha Mengatasi Defisiensi Nutrien Pada Ternak

Situs-Peternakan.Com – Pemberian suplemen pada ternakmerupakan strategi yang dapat dilakukan peternak untuk meningkatkan pertumbuhan, dan perkembangan, produktivitas ternak secara efisien. Suplemen mengandung banyak nutrien, utamanya adalah protein dan energi. Manfaat pemberian suplemen bagi ternak adalah sebagai pelengkap nutrien yang dibutuhkan oleh ternak sehingga akan berdampak pada pertumbuhan, reproduksi, dan produksi yang optimal.
Bentuk suplemen ada 2 macam, yaitu bentuk padat dan bentuk cair. Bentuk padat biasanya diberikan pada ternak ruminansia dalam bentuk pakan misalnya adalah penggunaan UMMB (Urea Molasses Multinutrient Block) yang banyak diberikan pada ternak sapi. Sedangkan bentuk cair biasanya banyak diberikan pada ternak unggas seperti ayam dan bebek, yang diberikan melalui air minum atau bisa juga diberikan melalui pakan dengan cara mencampurkan suplemen cair dengan bahan-bahan pakan yang telah disatukan atau dicampur.
Pada ternak ruminansia pemberian suplemen dalam bentuk padat (pakan) sangat berkaitan dengan konsentrat sebab keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk memacu pertumbuhan dan meningkatkan jumlah mikroba di dalam rumen sehingga dapat menyerap nutrisi makanan terutama serat kasar lebih banyak. Pemberiannya pun sama diberikan sebelum ternak diberi pakan utama yaitu hijauan makanan ternak.

Bahan-bahan yang dapat digunakan berasal dari limbah industri pertanian, perikanan, peternakan, dan makanan yang bernilai ekonomi rendah, tetapi masih mengandung nilai gizi yang cukup tinggi. 
Semoga dapat bermanfaat 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.