Home » Domba » Karakteristik Domba Ekor Tipis

Karakteristik Domba Ekor Tipis

Tiba saatnya saya akan memposting beberapa jenis domba di Indonesia. Seperti biasa referensi ini saya sadur dari beberapa website. jadi tidak real tulisan saya.
Langsung saja
Domba ekor tipis ini merupakan domba yang banyak terdapat di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Domba ini termasuk golongan domba kecil, dengan berat potong sekitar 20 – 30 kg. Warna bulu putih dan biasanya memiliki bercak hitam di sekeliling matanya. Ekornya tidak menunjukkan adanya desposisi lemak. 

Domba ekor tipis jantan memiliki tanduk melingkar, sedangkan yang betina biasanya tidak bertanduk. Bulunya berupa wol yang kasar. Domba Ekor Tipis atau sering disebut Domba Gembel dalam istilah Indonesia, dikenal merupakan domba asli Indonesia, bersifat prolific (dapat melahirkan anak kembar 2-5 ekor). Baik domba jantan maupun betina merupakan tipe domba penghasil daging atau sering disebut jenis domba potong atau domba pedaging 
Karakteristik domba ekor tipis: Berat domba jantan dapat mencapai 30-35 Kg dan domba betina dapat mencapai 15-20 Kg. Domba jantan memiliki tanduk kecil dan melingkar, sedangkan domba betina tidak bertanduk. Warna bulu dominan putih, dengan warna hitam di seputar mata, hidung dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Sumber Artikel : http://www.infoternak.com/domba-ekor-tipis


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.