Home » Penyakit Unggas » Jenis Penyakit Pada Unggas – Penyakit Cacar (Fowl pok)

Jenis Penyakit Pada Unggas – Penyakit Cacar (Fowl pok)

Situs-Peternakan.Com – Penyakit cacar atau Fowl pok (FP) merupakan penyakit yang menyerang unggas khususnya ayam. Penyakit ini disebabkan oleh virus Epitheliptropic dari genus Avipox, family Poxviridae. Virus ini memiliki sifat tahan dalam kondisi kering dan dapat bertahan hidup berbulan-bulan ditempat yang terkontaminasi.
Jika Unggas yang telah terkena virus ini akan menunjukkan gejala lesu, nafsu makan berkurang yang dapat mempengaruhi produktivitasnya. Selain itu suhu tubuh tinggi. Dan Kotoran terlihat encer. Ciri khas paling menonjol bagi unggas yang telah terinfeksi penyakit ini adalah pada bagian fisik unggas tampak seperti ada kutil berwarna putih atau kekuningan. Kutil ini terdapat pada rongga mulut yang dapat mengakibatkan sumbatan pada esophagus. Penyakit ini tidak menyebabkan kematian yang terlalu signifikan seperti penyakit ND ataupun penyakit gumboro.
Pada kasus kematian unggas yang terkena penyakit ini karena virus yang menyerang sistem pernapasan seperti pada hidung yang menyebabkan kesulitan dalam bernapas. Penyebarannya sendiri kebanyakan berasal dari nyamuk.  
Pengendalian atau Pengobatan
Karena disebabkan oleh virus penyakit ini tidak bisa diobati. Pengobatan hanya bisa dilakukan dengan pemberian vaksin cacar terhadap unggas yang sehat. Jika unggas yang telah terkena cacar harus dilakukan tindakan penyayatan kutil-kutil yang tumbuh sampai keluar darah dan diolesi dengan larutan yodium atau neo blue sampai kutil mongering. Pada bagian diptheri harus dilakukan tindakan pengerikan gumpalan dalam rongga mulut sampai lepas. Lalu diolesi lukanya dengan laturan yodium tincture atau yoodygiserin.

Pemberian vaksin cacar pada ayam sebenarnya tidak perlu diberikan hanya saja apabila nyamuk dilokasi peternakan cukup tinggi anak ayam dapat diberikan vaksi pada umur 1 hari. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.