Home » Penyakit Unggas » Jenis Penyakit Pada Unggas – Infectious Bronchitis

Jenis Penyakit Pada Unggas – Infectious Bronchitis

Situs-Peternakan.ComPenyakit Infectious Bronchitis pada unggasmerupakan penyakit menular yang dapat merugikan para peternak khususnya peternak ayam. Penyakit ini disebabkan oleh virus  Infectious Brochitis atau biasa disebut IBV. Virus ini utamanya menyerang sistem pernapasan. Namun juga dapat menyerang pada organ-organ lainnya seperti saluran uro-genitaldan ginjal.
Penyakit ini tergolong mematikan khususnya pada anak ayam yang dapat menimbulkan angka kematian mencapai 60 %. Sedangkan saat dewasa angka kematian hampir tidak ada. Penularan penyakit ini dapat ditularkan melalui udara tercemar dari ayam yang telah sakit.
Gejala awal saat ayam mulai terserang IBV diantaranya napas tersendat-sendat, batuk, ngorok, dan bersin. Selain itu sering mengeluarkan lendir dari hidung dengan cara menjulurkan atau memanjangkan lehernya ke atas. Penyakit ini menyebabkan nafsu makan menurun yang dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan dan produktivitasnya
Pengobatan dan Pencegahan
Tidak ada pengobatan khusus yang dapat menyembuhkan penyakit IBV hal ini dikarena penyakit ini disebabkan oleh virus. Hal yang dapat dilakukan oleh peternak adalah dengan memberikan vaksin serotipe terhadap anak ayam yang sehat pada umur 7 hari dan 30 hari.
Untuk mencegah virus IBV diperlukan penerapan biosecurity yang baik. Apabila ditemukan anak ayam yang sakit segera dipisahkan dan ditempatkan pada kandang karantina lalu dilakukan tindakan vaksinasi. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.