Home » Penyakit Unggas » Jenis Penyakit Pada Unggas – Batuk Darah (Infectious Laryngotracheitis)

Jenis Penyakit Pada Unggas – Batuk Darah (Infectious Laryngotracheitis)

Situs-Peternakan.ComPenyakit Batuk Darah atau Infectious Laryngotracheitis merupakan penyakit menular yang menyerang sistem pernapasan pada unggas khususnya ayam, itik. Penyebabnya adalah virus herpes yang menyebabkan produksi telur berkurang.
Penyakit ini tidak seganas penyakit gumboro. Tingkat kematiannya hanya berkisar 10-20 % terkadang dapat mencapai 70%. Hal ini disebabkan tenggorokan yang tersumbat oleh lendir yang menyulitkan unggas bernapas.
Gejala awal unggas jika telah terinfeksi virus herpes adalah bulu yang tidak rapi khususnya bagian belakang kepala, sering menggaruk-garuk mata dan hidung. Lebih lanjut unggas terlihat terengah-engah, sering batuk, dan sering memanjangkan leher untuk membersihkan lendir berwarna merah pada trakea (tenggorokan).
Penangganan atau Pengobatan
Penangganannya dapat dilakukan dengan cara pemberian vaksinasi  LT dengan cara meneteskan pada mata pada unggas seperti anak ayam sebelum menginjak usia 14 hari. Untuk pencegahan pisahkan ayam yang sakit dengan ayam yang sehat dikandang karantina dan diberi vaksin. Bila perlu lakukan pemusnahan sebelum menular ke ayam lainnya. Karena sifat penyakit ini yang menular.Dan terapkan sanitasi kandang dan peralatan kandang yang baik

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.