Home » Pakan » Jenis Hijauan Pakan Ternak

Jenis Hijauan Pakan Ternak

gambar hijauan pakan ternakSitus-Peternakan.Com – Hijauan pakan ternak  atau biasa disebut Hijauan Makanan Ternak (HMT) merupakan bahan pakan yang sangat penting bagi ternak terutama ternak ruminansia seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba. Hijauan pakan ternak menjadi bahan pakan yang sangat disukai oleh ternak ruminansia. Untuk mendapatkannya relatif mudah karena tumbuh subur disemua tempat di Indonesia.
Berbicara kebutuhan pakan. Ternak ruminansia kebutuhan pakan hijauan per harinya sebesar 10 % dari bobot badanya. Pada ternak besar seperti kerbau dan sapi per ekornya membutuhkan sekitar 20-25 kg/ hari, sedangkan ternak kecil seperti domba dan kambing per ekornya membutuhkan 5-7 kg/hari. Dengan kebutuhan tersebut tentunya sangat diperlukan adanya ketersediaan pakan yang cukup dan berkesinambungan.
Ketersediaan hijauan pakan ternak di Indonesia terbilang cukup melimpah, terutama pada musim penghujan. Maka pakan hijauan akan sangat melimpah, namun sebaliknya ketika musim kemarau pakan hijauan akan sangat rendah. 
Untuk mengatasi kesulitan mendapatkan hijauan pakan ternak dikala musim kemarau diperlukan upaya yang efektif agar hijauan pakan dapat tersedia meski jumlahnya sangat sedikit. Masalah ini akan dibahas pada artikel berbeda

Jenis Hijauan Makanan Ternak (HMT) – Hijauan Pakan Ternak
Jenis HMT dapat dibedakan menjadi 4 yaitu :

  • Jenis Rerumputan
  • Jenis Leguminosa (legum herba, semak, dan pohon)
  • HMT lain yang memiliki potensi dimanfaatkan (meliputi hasil limbah pertanian) 
Pemberian HMT Menurut Keadaannya
Menurut keadaaannya ada 3 macam pemberiannya yaitu :
  • Hijauan Segar
Pemberian hijauan segar harus dilayukan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada ternak. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penyakit kembung pada ternak. 
  • Hijauan Kering
Pemberian hijauan kering yang sebelumnya berasal dari hijauan segar yang telah dikeringkan agar dapat disimpan lebih lama yang ditandai serat kasar tinggi dan kadar air rendah.
  • Dalam Bentuk Silase
Pemberian pakan berupa silase yang telah diawetkan dengan cara difermentasi yang bahan bakunya berasal dari hijauan segar, limbah pertanian. 
Pada postingan selanjutnya akan dibahas lebih lanjut mengenai dari contoh-contoh hijauan pakan ternak di atas. Jadi jika tidak ingin ketinggalan update artikelnya dapat berlangganan artikel gratis melalui email. Silahkan daftarkan Email pada menu yang tersedia. Baca juga Tentang Pakan Ternak dan Jenisnya 

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.