Home » Domba » Domba Apennine

Domba Apennine

Domba Apennine merupakan domba yang ditemukan tahun 70-an di Italia, terutama di Toscana, Emilia, Umbria, arche, Abruzzi wilayah Italia. Domba ini juga dikenal dengan nama domba Appenninica, Bariscianese, Chietina Varzese, Perugina del piano.

Domba ini merupakan domba hasil persilangan domba lokal keturunan domba Italia atau eksotis lainnya seperti: Bergamasca dan Ile-de-France . Domba ini adalah domba jenis wol menengah, namun yang paling utama untuk produksi daging. Berdasarkan hasil survei di Italia kemungkinan populasi domba Apennine diperkirakan ada sekitar 250.000 domba yang tersebar di tengah dan selatan Italia. 
Domba Apennine


 Karakteristik Domba Apennine :

  1. Domba Apennine ini tidak bertanduk, baik jenis jantan ataupun betina. Domba ini memiliki telinga yang berdiri setengah,.tidak terkulai seperti jenis kambing etawa. 
  2. Domba Apennine jantan beratnya bisa mencapai 70 kg tingginya sekitar 77cm dan betinanya memilii berat 56kg tingginya sekitar 69cm.
  3. Bulu wolnya memiliki ukuran diameternya 30 sampai 35 micron, domba Apennine jantan dapat menghasilkan wol dengan erat 3.5kg sedangkan domba Apennine betina 2.5kg 
  4.  Domba ini telah berkembang biak dan menyesuaikan diri dengan baik di wilayah tempatnya tinggal sekarang yaitu Pegunungan Apennine, Emilia dan Abruzzo wilayah Italia

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.