Home » Leguminosa » Daun Turi Sebagai Pakan Ternak Kaya Protein

Daun Turi Sebagai Pakan Ternak Kaya Protein

Situs-Peternakan.Com – Turi memiliki nama ilmiah Sesbania grandiflora yang merupakan tanamanleguminosa yang dapat tumbuh dengan baik di tanah yang tidak subur, terkadang juga dapat tumbuh pada tanah yang banyak genangan air dengan ketinggian dibawah 1500 di atas permukaan laut. Turi dapat tumbuh hingga ketinggian 10 meter. Akarnya berbintil-bintil sehinga dapat menyuburkan tanah. Bunganyanya berbentuk seperti kupu-kupu berwarna merah muda atau putih.  
Turi pada umumnya banyak dimanfaatkan sebagai pohon pelindung karena tumbuhnya yang merambat. Manfaat lainnya dapat dijadikan sebagai sebagai lalapan atau sayur yaitu polong dan bunganya,  dapat juga dijadikan sebagai obat tradisional yaitu kulit kayunya yang direbus dan airnya diminum yang dapat mengobati sariawan, disentri, dan menceret.
Turi Sebagai Hijauan Pakan Ternak

Daun Turi banyak mengandung protein yang tinggi dan berkualitas. Tiap 100 gram berat kering, daun turi mengandung 36% protein kasar dan serat kasar yang rendah antara dibawah 18 %.  Namun demikian daun turi memiliki kandungan zat anti nutrisi yaitu saponin dan tanin, sejauh ini belum ada reaksi toksik yang terjadi pada ruminansia.
Kandungan nutrisi daun turi sebagai hijauan pakan ternak
Hijauan
PK (%)
EK(kkal/g)
SDN (%)
Lignin (%)
Abu (%)
Ca (%)
Turi
30,1
4,825
24,4
2,7
7,5
1,5
Sumber data : Lembahgogoniti.com

gambar daun turi

Pemberian pakan turi pada ternak ruminansia yang direkomendasikan adalah harus dicampur dengan rerumputan seperti rumput gajah dan jerami dengan perbandingan 30 % Turi dan sisanya rerumputan. Gunanya adalah untuk mengurangi reaksi toksik yang diakibatkan oleh daun turi yang mengandung zat anti nutrisi. Baca juga Lamtoro, Kandungan Protein Banyak Juga Mengandung Zat Anti Nutrisi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.