Home » Penyakit Unggas » Ciri Penyakit Snot Pada Ayam (Infectious Coryza)

Ciri Penyakit Snot Pada Ayam (Infectious Coryza)

Situs-Peternakan.Com – Anda sedang menggeluti usaha bidang perunggasan terutama Ayam, pasti pernah melihat ayam khususnya ayam dewasa pada wajah dan pial terjadi pembengkakan dan keluar cairan encer atau nanah pada mata dan hidung. Selain itu ayam kesulitan bernafas dan sering bersin. Namun ciri yang paling menonjol adalah adanya pembengkakan pada wajah.
Jika ayam Anda memiliki gejala atau tanda-tanda diatas bisa dipastikan ayam Anda sedang terserang penyakit Snot atau Infectious Coryza. Penyakit ini tergolong menular yang menyerang sistem pernapasan. Penyebabnya adalah bakteri tepatnya bakteri Avibacterium paragallinarum atau bakteri Hemophillus gallinarum. Penyebaran bakteri ini melalui kontak langsung antar ayam yang terkena bakteri.
Gambar Ayam Kena Penyakit Snot (Infectious Coryza)
Penyakit Snot pada ayam tidak meneyebabkan angka kematian yang tinggi seperti penyakit tetelo maupun penyakit gumboro, hanya berkisar 30 %. Namun penyakit ini dapat menyerang ayam dewasa hingga sakit secara merata hampir 80 % (mordibitas). Akibatnyanya nafsu makan menurun dan otomatis dapat menurunkan produktivitas telur dan daging.
Pengobatan dan Pencegahan
Penyakit ini dapat diobati menggunakan antibiotika atau vaksin dari golongan sulfa atau preparat yang disesuaikan dengan jumlah yang tertera dalam kemasan obat. Caranya bersihkan cairan seperti nanah yang pada mata, hidung, mulut/paruhnya setelah itu baru diberi antibiotik. Pencegahan dapat dilakukan dengan memperbaiki biosecurity seperti sanitasi kandang dan lingkungannya. dan jauhkan ayam yang sehat dengan ayam yang sakit.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.