Home » Bebek » Ciri-Ciri Bebek Runner Indian

Ciri-Ciri Bebek Runner Indian

Bebek Runner IndianBebek Runner Indian yang merupakan salah satu bebek yang telah didomestikasi. Menurut sejarahnya bebek Runner Indian sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu. Bebek ini ditemukan di Cina dan juga Indonesia. Di Tahun 1850 bebek ini dibawa ke Inggris dan semakin berkembang pesat. Tidak jelas pemberian nama ” Runner Indian” apakah bebek ini dulunya berasal dari India, karena tidak ada bukti yang kuat.Varietas yang terkenal adalah fawn and white, white, Black, Buff, Chocolate, Cumberland Blue, Gray
Bebek Runner Indian memiliki produksi telur dengan jumlah yang banyak dengan kwalitas yang baik. Selain itu bebek ini juga memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru dengan baik.  
Bebek Runner Indian mudah dijinakkan, tidak agresif, namun cenderung aktif yang ditandai dengan suka berlari-lari. Bebek ini pun dikenal sebagai bebek penjelajah karena dulu bebek banyak diternakkan dengan sistem digembalakan di sawah guna mencari makan.
Saat ini populasi Bebek Runner Indian terus mengalami penurunan, sehingga diperlukan upaya pemulihan supaya tidak terancam punah.
Ciri-Ciri Bebek Runner Indian Adalah :
  • Tubuh terlihat besar dengan panjang badan untuk jantan berkisar 70 cm sedangkan betina berkisar 55 cm.
  • Memiliki leher yang panjang
  • Telur berwarna putih
  • Dapat menghasilkan telur sekitar 250 butir per tahun
  • Bobot dewasa baik jantan maupun dewasa bervariasi sekitar 2 -3 Kg.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.