Home » Penyakit Unggas » Ciri-Ciri Ayam Terkena Penyakit Berak Kapur (Pullorum Disease)

Ciri-Ciri Ayam Terkena Penyakit Berak Kapur (Pullorum Disease)

Situs-Peternakan.Com Penyakit Pullorum Disease atau Berak Kapur merupakan penyakit yang sering menyerang unggas khususnya ayam. Penyakit ini termasuk kategori menular dan dapat menyerang ayam pada semua usia. Namun yang lebih sering adalah anak ayam usia 1-10 hari.
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella gallinarum yang dapat menyebabkan angka kematian pada anak ayam antara 85 – 100 %. Pada kasus ayam dewasa angka kematian kadang tinggi, namun tanda-tanda atau gejalanya tidak terlalu signifikan.

Penyebaran atau penularan yang paling utama berasal dari telur, dimana telur yang fertil telah terkontaminasi oleh bakteri. Hal ini disebabkan oleh ayam baik itu jantan dan betina yang telah sembuh dari penyakit berak kapur memiliki sifat pembawa dan selama hidupnya akan mengeluarkan bibit penyakit. Alhasil telur yang telah menetas biasanya umur 1 hari atau 2- 3 minggu rentan terhadap kematian.
Ciri-Ciri Ayam Terkena Penyakit Berak Kapur (Pullorum DIsesase) Adalah :
  • Tidak banyak bergerak dan lebih banyak diam, serta terlihat lemah
  • Sering bergerombol mencari tempat hangat karena kedinginan
  • Ayam terlihat pucat
  • Bulu sayap terlihat kusut dan menggantung
  • Jengger mengkerut dan berwarna keabu-abuan
Pengobatan dan Pencegahan
Ayam yang sakit segera dipisahkan dengan ayam yang sehat dan segera diberi vaksin colisuttrix atau dimethropin dengan aturan yang sesuai dalam kemasan. Pencegahan dapat dilakukan dengan memperbaiki biosecurity  untuk mengurangi penularan penyakit mulai dari membersihkan sanitasi kandang, litter harus dalam keadaan bersih dan tidak lembab.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.