Home » Ayam » Ciri-Ciri Ayam Nunukan

Ciri-Ciri Ayam Nunukan

Situs-Peternakan.Com – Ayam Nunukan merupakan salah satu ayam buras atau ayam lokal dari Kalimantan Timur. Asal usul ayam Nunukan menurut sejarahnya berasal dari Cina yang dibawa masuk ke wilayah Tawao dan Nunukan di Pulau Tarakan. Sehingga ayam Nunukan sering disebut juga dengan ayam Tawao. Saat itu banyak digunakan dalam upacara ritual keagamaan etnis Cina. Selama bertahun-tahun mengalami adaptasi linkungan dan berkembang dengan baik. Ayam Nunukan telah diklaim sebagai ayam lokal (ayam buras) oleh Kalimantan Timur sebagai salah satu plasma nutfah yang perlu dilestarikan.

Populasi ayam Nunukan saat ini terutama di daerah asalnya mengalami penurunan dan terancam punah akibat pemeliharaan yang mayoritas masih tradisional dan seringnya digunakan dalam acara keagamaan etnis Cina. Populasi ayam Nunukan banyak bercampur dengan ayam kampung jenis lain sehingga dikhawatirkan bisa menurunkan kemurniaannya. Oleh karena itu dibutuhkan sekali adanya pengembangan ayam Nunukan berkaitan dengan seleksi guna menghasilkan ayam Nunukan yang berpotensi untuk berproduksi telur tinggi.

Secara genetik ayam Nunukan memiliki kemiripan dengan bangsa ayam Rhode Island Red. Dalam pertumbuhan bulunya ayam Nunukan sangat lambat. sehingga ayam ini sangat mudah beradaptasi dilingkungan yang panas.

Gambar By ditjennak.pertanian.go.id : Ayam Nunukan
Ciri-Ciri Ayam Nunukan Adalah :
  • Warna bulu merah keemasan
  • Tubuh besar Jengger dan Pial berwarna merah
  • Bulu ekor pendek 
  • Paruh dan Kaki berwarna putih dan kuning 
  • Telur berwarna putih 
  • Menghasilkan telur mencapai 180 butir per tahun 
  • Berat telur 60 gram per butir 
  • Bobot dewasa jantan dapat mencapai 3,8 Kg, sedangkan betina mencapai 2,7 Kg
Sumber referensi :
– http://www.researchgate.net/publication/255173149_AYAM_NUNUKAN__KARAKTER_GENETIK_FENOTIPE_DAN_PEMANFAATANNYA

– http://ayamnunukan.blogspot.com/
– 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.