Home » Ayam » Ayam Merawang Asli Bangka Belitung Yang Perlu di Lestarikan

Ayam Merawang Asli Bangka Belitung Yang Perlu di Lestarikan

Situs-Peternakan.Com – Ayam Merawang merupakan ayam asliIndonesia yang berasal dari Bangka Belitung (Babel). Ayam ini sering juga disebut ayam Bangka. Asal usul ayam Merawang berasal dari negeri Tiongkok yang dibawa ke pulau Bangka dan berkembang dengan pesat dikalangan etnis Tionghoa yang digunakan untuk acara persembahan. Selain itu juga dimanfaatkan daging dan telurnya.
Keunggulan ayam Merawang memiliki pertumbuhan yang cepat, produksi telur yang tinggi, dan memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga dapat menangkal penyakit, serta kemampuan adaptasi yang juga baik.
Gambar by peternakan.litbang.deptan.go.id
Populasi ayam Merawang terus menyusut diprediksi berjumlah 1500 ekor yang tersebar di seluruh Propinsi Bangka Belitung.  Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pihak terkait untuk melestarikan ayam Merawang salah satunya di BPTU Sembawa sejak tahun 2004 yang memiliki 629 ekor. 
Kendala yang dihadapi dalam upaya pelestarian adalah sulitnya mencari bibit ayam yang asli, kebanyakan ayam merawang yang ada saat ini sudah disilang-silangkan dan untuk memperbanyak bibit ayam Merawang, dibutuhkan plasma nutfah asli yang dapat membawa keunggulan sifat dan keturunannya.  seperti dilansir dari berita radarbangka.co.id
Ciri-Ciri Ayam Merawang :
  • Tubuh terlihat sedang
  • Warna bulu paling dominan coklat merah dan kuning keemasan
  • Kulit berwarna putih atau kuning
  • Jengger bergerigi dan berbentuk tunggal serta pial berwarna merah
  • Paruh dan Kaki berwarna kuning
  • Menghasilkan telur sekitar 165 butir per tahun
  • Bobot dewasa jantan 2 -3 Kg, sedangkan betina 1.4 – 2 Kg

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.