Home » Ayam » Ayam Ketawa

Ayam Ketawa

Situs-Peternakan.Com – Manu gaga itulah sebutan orang Sulawesi Selatan. Ayam Ketawa berasal dari Kabupaten Sindrap, Sulawesi Selatan. Ketika itu Ayam Ketawa dijadikan sebagai hewan peliharaan yang dipeliharaan oleh kaum bangsawan Bugis sebagai symbol status social atas kesuksesan, dan keberaniannya.
Ayam ketawa dijadikan sebagai ayam hias. Suara kokoknya sangat khas yaitu  terdengar tergagap-gagap mirip seperti suara orang yang sedang tertawa ngakak. Sebagai salah satu ayam buras asli Indonesia, ayam Ketawa masuk dalam kategori unggas yang keberadaannya langka dan hampir punah.
Namun saat ini mulai banyak yang memelihara secara intensif guna diikutkan dalam kontes kejuaraan khususnya di daerah kabupaten Sidrap. Hal ini atas inisiatif pemerintah kabupaten Sidrap agar ayam Ketawa tidak punah dengan mengadakan kontes ayam ketawa dan penyuluhan.  Hasilnya sangat positif terhadap kelestarian Ayam Ketawa. Harga ayam ketawa terus merangkak naik apalagi jika sudah pernah menjadi juara dalam kontes, maka harga bisa melambung tinggi.
Ciri-Ciri Ayam Ketawa Adalah : 
  • Tubuh terlihat sedang seperti ayam kampung
  • Bulu berwarna terdiri dari kombinasi warna merah, hitam, putih, kuning, hijau dan terdapat bintik-bintik
  • Paruh dan Kaki berwarna kuning
  • Mengasilkan telur sekitar 11-13 butir per periode
  • Bobot dewasa baik jantan dan betina berkisar 1,5 –  2,5 Kg

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.