Home » Ayam » Ayam Burgo Asli Bengkulu Yang Hampir Punah

Ayam Burgo Asli Bengkulu Yang Hampir Punah

Situs-Peternakan.ComAyam Burgo merupakan ayam asli Indonesia yang berkembang Propinsi Bengkulu. Persebarannya meliputi Kabupaten Rejang Lebong,  Bengkulu Utara, Kepahiang, Bengkulu Selatan, dan Bengkulu Tengah.  Ayam ini berasal dari hasil persilangan antara pejantan ayam hutan merah dengan betina ayam kampung yang memiliki tampilan bulu yang indah dan memiliki suara kokok yang merdu. Oleh karenanya ayam ini dijadikan sebagai ayam hias.
Ayam Burgo telah diteliti guna mengetahui penampilan fisik, produktivitas, dan potensi yang dapat dimanfaatkan. Hasilnya betina ayam Burgo memiliki sifat berpotensi dijadikan sebagai penghasil telur yang baik. Namun kekurangannya memiliki ukuran tubuh yang kecil dan telur juga berukuran kecil.

Gambar Ayam Burgo Asli Bengkulu
Saat ini populasi ayam Burgo dikabarkan tiap tahun terus menurun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 diperoleh sebanyak 302 ekor yang terdiri 189 ekor jantan dan betina 113 ekor di 5 Kabupaten di Bengkulu.
Sungguh ironis memang melihat ayam Burgo yang memiliki sifat berpotensi dijadikan sebagai penghasil telur populasinya tinggal sedikit. Perlu adanya upaya pelestarian oleh pihak terkait agar salah satu plasma nutfah Indonesia ini tidak punah. 
Ciri-Ciri Umum Ayam Burgo Adalah :

  • Tubuh terlihat kecil
  • Warna bulu kemerahan dan coklat
  • Jengger dan Pial berwarna merah
  • Paruh dan Kaki berwarna hitam
  • Cuping berwarna putih
  • Produksi telur – belum ada infonya
  • Bobot dewasa _ belum ada infonya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.