Home » Ayam » 5 Jenis Ayam Sentul

5 Jenis Ayam Sentul

Situs-Peternakan.Com – Nama lain dari ayam Sentul adalah Ayam Kalawu. Ayam sentul berasal dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Ayam ini dijadikan sebagai ayam tipe dwiguna. Namun lebih dijadikan sebagai penghasil telur karena tingkat produksi yang tinggi serta pertumbuhannya yang cepat.
Gambar by pikiran-rakyat.com
Saat ini populasi ayam Sentul terus berkurang dan terancam punah hanya sebagian para pecinta ayam sentul yang memilihara secara intensif. Mengingat potensi yang dapat dimanfaatkan sebagai penghasil telur perlu upaya dari pihak terkait untuk melakukan penyuluhan tentang potensi ayam ini. Sehingga ayam Sentul sebagai plasma nutfah asli Indonesia tetap lestari. 
Upaya untuk melestarikan keberadaan ayam Sentul tampaknya berbuah positif dengan keluarnya SK Kementerian Pertanian Tahun 2013 yang menyatakan bahwa ayam Sentul merupakan ayam lokal khas Ciamis. Setidaknya ada 5 jenis ayam Sentul yaitu Kelabu, Geni, Batu, Jambe, dan Emas
Setelah keluarnya SK tersebut untuk pertama kalinya diadakan kontes ayam sentul unggul untuk kategori bibit ayam betina unggul dan ayam pejantan unggul. 
Ciri-Ciri Ayam Sentul :
  • Ukuran tubuh relatif sedang
  • Warna bulu dominan abu-abu, variasi kombinasi warna abu-abu tua, putih dan merah
  • Jengger bergerigi besar berwarna merah
  • Kaki dan paruh berwarna hitam keputihan
  • Menghasilkan telur 85 – 210 butir per tahun
  • Bobot dewasa jantan dapat mencapai 1,5 – 3,5Kg, sedangkan betina 0,8 – 2,2 Kg.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.