Home » Pakan » Tentang Pakan Ternak dan Jenisnya

Tentang Pakan Ternak dan Jenisnya

Situs-Peternakan.Com – Pakan Ternak adalah semua bahan-bahan yang dapat diberikan secara langsung  oleh ternak untuk dikonsumsi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, pertumbuhan, dan reproduksi. Dalam pengertian pakan, penggunaan kata pakan sering diasumsikan sebagai bahan baku pakan yang telah diolah menjadi pellet, crumble, atau mash. Padahal bahan pakan sendiri merupakan segala sesuatu yang dapat diberikan kepada ternak baik yang berupa bahan organik maupun anorganik yang sebagian atau semuanya dapat dicerna tanpa mengganggu kesehatan ternak.
Pakan memiliki peranan yang sangat penting bagi ternak baik ternak ruminansia maupun ternak unggas, baik untuk memenuhi kebutuhan hidup pokoknya, pertumbuhan, reproduksi, produksi hingga untuk kepentingan kesehatan ternak. Karena ternak jika diberikan pakan juga dapat menimbulkan penyakit yang dapat merugikan bagi ternak dan peternak secara ekonomi.
contoh pakan ternak berupa hijauan segar
Sebagai contoh adalah penggunaan bahan pakan yang berasal dari hewani yang tidak boleh diberikan pada ternak ruminansia. Karena dapat berpotensi timbulnya penyakit BSE atau penyakit sapi gila.
Pakan yang baik atau berkualitas  adalah dapat memberikan seluruh kebutuhan nutrisi secara tepat. Jumlah kebutuhan nutrisi ternak tergantung pada jenis ternak, umur, fase pertumbuhan, reproduksi, kondisi tubuh (normal atau sakit), bobot badan, serta kondisi lingkungan. Sehingga setiap ternak baik itu ternak ruminansia dan unggas berbeda-beda kebutuhan pakannya.
Jenis-Jenis Pakan Ternak
Berdasarkan jenisnya pakan ternak terbagi atas 3 bagian yaitu :
  1. Hijauan
  2. Konsentrat
  3. Suplemen
Hijauan 
Hijauan Makan Ternak (HMT) merupakan pakan yang berasal dari tanaman atau tumbuhan yang diberikan pada ternak terutama ternak ruminansia dalam bentuk segar, baik dipotong dengan bantuan manusia atau langsung disengut langsung oleh ternak dari padang penggembalaan. Hijauan segar umumnya berupa dedaunan yang berasal dari rumput-rumputan dan tanaman berupa biji-bijian  atau kacang-kacangan.
Konsentrat
Pakan Konsentrat adalah bahan makanan yang konsentrasi gizinya tinggi tetap kandungan serat kasarnya relativ rendah dan mudah dicerna. Mudah dicerna karena terdiri dari beberapa campuran bahan pakan yang bersumber dari biji-bijian atau kacang-kacangan, hasil olahan bahan pangan, limbah pertanian, dan limbah industry  yang banyak mengandung protein, vitamin, dan mineral.
Pakan konsentrat diberikan dalam beberapa bentuk yaitu dalam bentuk tepung (mash), bentuk pellet, bentuk crumble, dan bentuk kibble.
Pakan Suplemen
Pakan Suplemen adalah pakan yang diberikan pada ternak yang banyak mengandung vitamin, mineral yang fungsinya untuk memperkaya kandungan nutrisi ransum terutama mineral dan vitamin. Pemberian pakan suplemen dalam bentuk premik.
Sumber referensi :

– Wikipedia
– http://www.ilmupeternakan.com/2009/06/identifikasi-jenis-pakan-ternak.html


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.