Rumput Beha (Brachiaria humidicola)

Advertisement
Situs-Peternakan.ComRumput Beha (Brachiaria humidicola) merupakan tanaman hijauan makanan ternak yang berasal dari Afrika Timur dan Selatan. Sering dijadikan tanaman rumput dilahan penggembalaan dan sangat tahan penggembalaan berat, namun disisi lain juga bisa dipotong dengan sistem potong-angkut.

Ada dua varietas yang dikenal dimasyarakat yakni varieta Yanero dan dan Tully. Perbedaan dari kedua terletak pada daunnya, vaeritas Yanero daunnya lebih lebat dibanding varietas Tully. Namun Tully penyebarannya lebih cepat sehingga sangat cocok sebagai pencegah erosi.

Rumput beha dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi dengan ketinggian antara 1000 – 2000 m dpl. Curah hujan 1.300 mm/tahun. Dapat beradaptasi dengan segala kondisi tahah baik pada tanah dengan kadar keasaman tinggi sampai basa. Sangat respon dengan terhadap pemupukan N. 

Gambar By :moa.gov.jm
Karakteristik Rumput Beha (Brachiaria humidicola) :

  • Penanaman dengan biji atau pols 
  • Tumbuh dengan cara stolon dan rhizome dan membentuk hamparan yang lebat 
  • Batang tumbuh pendek 
Kandungan Nutrisi Rumput Beha (Brachiaria humidicola)

Kandungan nutrisinya sangat rendah sekali. Pemberian pada ternak harus dalam jumlah sedikit pada domba dan kambing. Jika terlalu besar dapat menyebabkan fotosensitisasi. Fotosensitisasi adalah tanda-tanda dari suatu penyakit berupa dermatitis atau eksim kulit yang pada umumnya menyerang hewan pemakan rumput (berbivora) seperti sapi, kambing, domba, dan kuda.

Demikian jangan lupa baca juga Rumput Gamba (Andropogon gayanus)