Konsentrat Sebagai Pakan Ternak

Advertisement
Situs-Peternakan – Konsentrat adalah bahan makanan yang memiliki kadar protein dan karbohidrat yang tinggi dan rendah kadar serat kasarnya di  bawah 18 %. Fungsi utama konsentrat bagi ternak adalah untuk meningkatkan mutu gizi dari beragam bahan makanan yang dijadikan satu atau dicampur, konsumsi pakan lebih baik, mempercepat pertumbuhan pada ternak usia muda.

Konsentrat sebagai bahan penguat  sangat bagus sekali bagi ternak sebab mudah dicerna dengan baik. Karena terbuat dari beragam campuran bahan pakan yang berasal dari bahan-bahan pakan yang banyak kandungan sumber energi, protein, vitamin, dan mineral.

Sumber-Sumber Bahan Pakan Konsentrat

Konsentrat pakan ternak dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu konsentrat sebagai sumber protein dan konsentrat sebagai sumber energi. Konsentrat dikatakan sebagai sumber energy apabila mempunyai kandungan protein kasar kurang dari 20% dan serat kasar 18%, sedangkan konsentrat dikatakan sebagai sumber protein karena mempunyai kandungan protein lebih besar dari 20% (Tillman et al.,1991).

Sumber bahan pakan konsentrat berdasarkan asalnya dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :

Bahan pakan konsentrat berasal dari tanaman

Sebagai bahan energi dan protein yang tinggi, tanaman dapat dijadikan bahan konsentrat yang umum digunakan. Sebagai sumber energi dapat diperoleh dari biji-bijian, sorghum, jagung. Sebagai sumber protein dapat diperoleh dari kacang giling, kedelai, wijen, biji kapas, biji karet.

Bahan pakan konsentrat berasal dari hewan

Bahan pakannya meliputi tepung tulang, tepung darah, tepung daging. Hasil samping pengolahan ikan seperti tepung ikan. Kandungan bahan pakan asal hewani proteinnya berkualitas tinggi dan kandungan mineral tinggi.

Pemberian Konsentrat Pakan Pada Ternak

Pemberian konsentrat pakan pada ternak antara ternak ruminansia dan ternak unggas berbeda-beda. Ternak ruminansia pemberian konsentrat dilakukan sebelum memberikan pakan kasar berupa hijauan makanan ternak. Hal ini dimaksudkan agar mikrobia yang ada dalam rumen telah berkembang biak secara optimal sehingga diharapkan mampu mengkonversi pakan kasar berupa hijauan dapat dicerna secara sempurna dengan kata lain mikroba dapat berkembang biak terlebih dahulu, sehingga dapat mencerna pakan hijauan dengan baik. Rentang waktu setelah pemberian pakan konsentrat minimal 2 jam baru ternak ruminansia diberi pakan hijauan. Sedangkan pada ternak unggas seperti ayam, dan bebek pemberian pakan konsentrat  biasanya hanya difokuskan pada DOC atau DOD umur 1-7 hari supaya pertumbuhannya cepat. Karena pada DOC dan DOD membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi agar dapat tumbuh dengan optimal. 

Sumber Referensi 

- http://rumputhejo.com/manfaat-konsentrat-bagi-sapi-potong.html
- http://www.ilmupeternakan.com/2009/03/konsentrat.html