Penyakit Footrot – Penyakit Yang Sering Menyerang Sapi Perah

Advertisement
Situs-Peternakan.ComPenyakit Footrot sering disebut dengan penyakit busuk kuku atau busuk jari. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Fusobacterium necro-phorum atau Fusiformis necrophorus atau Sphaerophorus necrophorus. Bakteri ini muncul akibat terjadi luka pada kaki ternak. Luka tersebut umumnya karena permukaan atau lantai kandang yang terlalu kasar atau terlalu basah.

Penyakit ini pada umumnya menyerang pada semua ternak ruminansia namun khusus ternak sapi perah penyakit ini lebih sering terjadi akibatnya dapat menyebabkan produksi susu menurun. Angka kesakitan penyakit ini tergolong rendah, namun akan meningkat pada peternakan yang berada di kawasan yang memiliki permukaan atau lantai kandang yang terlalu kasar, berlumpur dan banyak genangan air yang akan mempercepat kuku menjadi lunak. Alhasil akan mempercepat masuknya bakteri penyebab penyakit footrot. 

Gejala atau Tanda-Tanda Penyakit Footrot / Kaki Busuk Adalah :
  • Saat jalan terlihat pincang pada kaki
  • Lebih banyak diam dengan berbaring dilantai
  • Kaki terlihat Bengkak apabila disentuh ternak akan kaget (Meronta)
  • Adanya darah dan nanah pada bagian kuku yang terluka,
  • Nafsu makan menurun (Penurunan berat badan)
Pengendalian dan Pencegahan

Biasanya penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya, namun kebanyakan tidak dapat sembuh dengan sendiri. Oleh karena itu perlu dilakukan pengobatan dengan cara memotong kuku yang terluka, bersihkan area yang terluka dari darah dan nanah. Setelah itu direndam dan terakhir berikan obat antibiotik. Selanjutnya sapi sementara diletakkan dikandang dengan lantai yang kering. 

Untuk pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan kandang, gunakan alas lantai kandang yang lunak. Di area kandang harus ada saluran pembuangan kotoran atau drainase agar kotoran dan air kencingnya dapat langsung teraliri.