Ciri-Ciri Ayam Terkena Penyakit Kolera (Fowl Cholera)

Advertisement
Situs-Peternakan.ComCiri-ciri ayam terkena penyakit kolera (Fowl Cholera) yaitu ayam terlihat letih, bulu terlihat tidak rapi (acak-acakan), sering diare (berak), batuk dan keluar cairan seperti lending warna kekuningan dari hidung serta baunya khas. Selain itu terjadi pembengkakan sinus infra orbital seperti pada kaki dan sayap dan terdapat kerak disekitar hidung yang menyebabkan ayam sulit bernapas.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Pasteurella multicida. Penyakit ini menyerang hampir jenis unggas seperti ayam baik itu tipe broiler maupun layer, kalkun, burung. Penyakit ini sama dengan penyakit tetelo yang dapat menyebabkan kematian hingga 100 %. Begitu juga angka morbiditasnya atau kerentanan ayam terkena penyakit kolera mencapai 100%. Penyakit ini dapat menyerang semua umur namun yang sering terjadi adalah pada ayam usia di atas 6 minggu.


Penyakit ini sangat menular penyebarannya melalui kontak langsung antar ayam yang sehat dengan ayam yang sakit melalui mulut atau hidung, kotoran dan tanah yang terkontaminasi, serta peralatan ternak yang dibawa melalui udara. Penyerabarannya dapat juga terjadi pada antar spesies lainnya seperti tikung, kucing, maupun babi.

Pengobatan dan Pencegahan

Pengobatan dapat dilakukan dengan memberikan vaksinasi kolera seperti sulfonamide, tetrasaklin, streptomisi, penisilin.  Sedangkan pencegahan dapat dilakukan dengan memperbaiki biosecurity yang baik seperti membersihkan litter agar tetap kering, mengurangi kepadatan kandang, dan mengganti ari minum tiap hari.